Cerita Kami

“Bagi kami, sejarah adalah inspirasi untuk terus melakukan yang terbaik hari ini dan masa mendatang.”

Berawal dari rasa kepedulian terhadap tragedi kemanusiaan pada tahun 1997 hingga 1999, sekelompok pemuda melakukan aksi sosial memberikan harapan untuk negeri. Menindak lanjuti aksi mereka yang disertai kesadaran terhadap potensi filantropi di Indonesia, serta untuk mengoptimalkan masyarakat pra sejahtera agar bisa mandiri, lahirlah Yayasan PKPU pada 10 Desember 1999. Kemudian tanggal 8 Oktober 2001, PKPU ditetapkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) berdasarkan SK. Menteri Agama No. 441.

Pada 22 Juli 2008, PKPU terdaftar di PBB sebagai NGO dengan “Special Consultative Status with the Economic Social Council”. Pada 29 Januari 2010, PKPU resmi terdaftar sebagai Organisasi Sosial Nasional berdasarkan Keputusan Menteri RI No. 08/Huk/2010, serta pada 8 Oktober 2010 terdaftar di UNI Eropa dengan nomor registrasi EuropeAid ID No. 2010-CSD-1203198618. Setelah melakukan spin off pada awal tahun 2016, PKPU berfokus mengelola dana kemanusiaan, dan pada akhir tahun 2016 merubah nama menjadi PKPU Human Initiative.

Fokus Kami

"Menghadirkan Solusi Mewujudkan Peduli"

Untuk mewujudkan visi dan misi lembaga, kami fokus terhadap empat bidang kerja yang meliputi:

Visi

Menjadi Lembaga Kelas Dunia yang Terpercaya Dalam Membangun Kemandirian

Misi

  1. Mendayagunakan program kegawatdaruratan, recovery, pemberdayaan dalam meningkatkan kualitas hidup dan membangun kemandirian.

  2. Menjalin kemitraan dengan masyarakat, dunia usaha, pemerintah, media, dunia akademis dan organisasi masyarakat sipil (Civil Society Organization – CSO) lainnya atas dasar keselarasan nilai-nilai yang dianut lembaga.

  3. Melakukan kegiatan studi, riset, pengembangan, dan pembangunan kapasitas yang relevan bagi peningkatan efektivitas peran Organisasi Masyarakat Sipil.

  4. Berperan aktif dan mendorong terbentuknya berbagai forum kerjasama dan program sosial-kemanusiaan penting lainnya di level nasional, regional dan global.

Manajemen

Andjar Radite

Partnership Director

Tomy Hendrajati

Program Director

Agung Notowiguno

President of PKPU Human Initiative

Sri Adi Bramasetia

Vice President

Eddy Nursantio

Operational Director

Kantor Cabang

Pengakuan Internasional

Sejak tahun 2008, PKPU Human Initiative telah terdaftar di PBB untuk berkiprah di dunia internasional sebagai NGO dengan “Special Consultative Status with the Economic Social Council”.

“Menerobos tanpa menunggu”.

Meski demikian, harus diakui bahwa misi ini agak spesifik dengan misi kemanusiaan lainnya yang pernah ditangani PKPU, seperti penanganan banjir Pakistan, krisis Rohingya, Palestina, gempa Jepang, dan lainnya.