Prosmiling TB Klinik Harmoni: Kami Ada Melayani Anda

JAKARTA TIMUR - Sinar mentari yang cukup terik tidak menyurutkan langkah warga kelurahan Pondok Bambu untuk datang ke RPTRA Pondok Bambu Berseri. Meskipun kegiatan baru akan dimulai tepat pukul 08.00 WIB, tetapi warga sudah mulai berdatangan dan mengantri di meja pendaftaran sejak pagi.

Hari ini, Ahad (14/05), Paragon bersama PKPU Human Initiative kembali mengadakan kegiatan PROSMILING yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan keliling kepada warga serta mencari suspek terduga TB. Untuk kali ini, Prosmiling diadakan di RPTRA Pondok Bambu Berseri, yang terletak di Jalan Balai Rakyat III, Pondok Bambu, Jakarta Timur.  

Sebanyak 105 warga terdaftar mengikuti kegiatan Prosmiling, mulai dari usia bayi hingga lansia turut serta memeriksakan kesehatannya. Warga yang datang terlebih dahulu diregistrasi dan diminta untuk mengukur massa badan dan tekanan darah kemudian diarahkan ke ruang tunggu untuk mengikuti penyuluhan dan menunggu pemeriksaan dokter.

Pukul 08.15 WIB, kegiatan Prosmiling dibuka oleh pihak Kelurahan Pondok Bambu yang diwakilkan oleh Sekretaris Kelurahan. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kepada Paragon dan PKPU Human Initiative yang telah mengadakan Prosmiling di wilayahnya. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak warga yang peduli dengan kesehatan, terutama TB. Ia pun berharap kegiatan seperti ini bisa kembali diadakan di wilayahnya di waktu lain.

Acara dilanjutkan dengan penyuluhan tentang TB dan PHBS yang disampaikan oleh Kader TB PKPU-HI, yaitu Eko Rusmiyati. Ia menjelaskan seluk beluk TB dan mengkaitkannya dengan PHBS serta berpesan bila ditemukan orang yang memiliki gejala TB di wilayahnya diharapkan membawa orang tersebut ke Klinik TB Harmoni.
 
Sambil mendengarkan penyuluhan, satu per satu warga dipanggil memasuki ruang periksa. Bagi warga yang telah dipanggil dan diperiksa oleh dokter kemudian diarahkan ke tempat pengambilan obat. Khusus untuk warga yang diberi catatan suspek oleh dokter, disarankan untuk melakukan pemeriksaan dahak dan diberikan pot dahak untuk melakukan pemeriksaan lab. Hal ini untuk mengetahui apakah suspek positif mengidap TB atau tidak. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari dokter, penyakit yang banyak ditemukan pada Prosmiling ini adalah ISPA sebanyak 35 orang, suspek TB 1 orang, sisanya adalah penyakit lain seperti darah tinggi, nyeri sendi, diabetes melitus, dan lainnya.

Dira, 43 tahun, warga RW 05 mengucapkan terima kasih kepada Paragon dan PKPU Human Initiative karena dengan program ini ia dapat memeriksakan kesehatannya. Begitu juga dengan Eko Rusmiyati, kader TB PKPU-HI yang memberikan penyuluhan. Ia sangat senang dengan antusias warga Pondok Bambu yang ingin mengetahui tentang TB. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang bertanya selama penyuluhan berlangsung.
Lilian, kader TB PKPU-HI juga MENGAPRESIASI karena telah mengadakan kegiatan Prosmiling di wilayahnya dan beliau menginginkan semakin banyak warga yang sadar dan memeriksakan kesehatan, terutama berkaitan dengan TB. (Wenny/Gie/PKPU_HI)