PKPU

Program

Sosial

basmalah

Program BASMALAH (Bina Masjid dan Musholla) adalah program yang bertujuan untuk membangun Masjid sebagai pusat pembangunan karakter keislaman masyarakat. Program ini berisi kegiatan pembangunan masjid, pemberian sarana dan prasarana penunjang kegiatan dakwah, pengiriman dai pemberdayaan, training Dewan Kemakmuran Masjid, dan Sebar Alquran Nusantara. Masjid yang dibangun tidak hanya sebagai sarana ibadah sholat berjamaah, tetapi juga digunakan sebagai tempat melaksanakan aktivitas tarbiyah islamiyah yang dapat melahirkan umat yang unggul dalam keimanan dan ketakwaan. Sehingga masjid tidak sekedar sebuah symbol keagamaan, melainkan pusat pembangunan peradaan Islam.

Penanggung Jawab                              : Ivan Satria

Supervisor                                            : Bramadji Abu Abdurrahman

Project Office                                        : Rudini

Adminitrasi Keuangan                           : Latifah

Koor. Monitoring&Evaluasi            : Asri Permata Sari

  1. VISI MISI

VISI        :    menjadi perantara penggerak dan pemersatu Ummat

MISI       :
–  memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan masjid dan musholla

-       Memberikan sarana dan prasarana ibadah yang layak sebagai media pengkajian, pemahaman, dan penerapan ajaran Islam yang dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Memberikan pemahaman tentang managerial fungsi managemen masjid melalui pelatihan managemen masjid.

1.       PEMBANGUNAN MASJID

-          SUCCESS STORY

Program Pembangunan Masjid telah dilakukan PKPU sejak tahun 2011 yang bekerjasama dengan beberapa Donatur dari luar Negeri, diantaranya adalah : HAI Uni Emirat Arab, HAI Australia, Muslim England, MGR. Telah terbangun sebanyak 107 masjid di Indonesia oleh PKPU. Sebaran pembangunan masjid di 9 Provinsi antara lain di Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengan, Jawa Timur,Gorontalo, dan Sulawesi Selatan. Mengingat pentingnya pemakmuran masjid ini, PKPU juga melaksanakan kegiatan pelatihan manajemen masjid.

peta1












-          Syarat pengajuan pembangunan Masjid:

  1. Tanah wakaf / hibah ( ada surat Ikrarnya)
  2. Tanah kosong
  3. Luas tanah minimal 50m2
  4. Minimal Jumlah Penduduk 85 KK
  5. Lebih di prioritaskan lokasi depan jalan raya
  6. Download Formulir

2.       BENAH MASJID & MUSHOLLA

-          SUCCESS STORY

Program BENAH Masjid & Musholla telah dilakukan PKPU sejak tahun 2011 melalui dana Infak Shodaqah. Telah terbenah sebanyak 73 masjid dan Musholla di Indonesia oleh PKPU. Sebaran pembangunan masjid di 20 provinsi antara lain di NAD,SUMUT, SUMBAR, RIAU, BENGKULU, LAMPUNG, DKI Jakarta, JAWA BARAT, JATENG, DIY, MADURA, KELUD, BALI, SULSEL, SULTENG, GORONTALO, MANADO, MALUKU, KALTIM. Total keselutuhan Masjid dan Musholla yang di benah oleh PKPU sebanyak 73 unit.

peta2












-          SYARAT PENGAJUAN BENAH MASJID/MUSOLLA:

  1. Berada di daerah kumuh, miskin dan padat
  2. Lebih diperiorotaskan yang berada di daerah minor
  3. Kegiatan keagamaan Masjid/musholla ada dan jalan
  4. Memiliki pengurus DKM (dewan kemakmuran masjid/takmir masjid/pengurus masjid)
  5. Download Formulir

3.       PELATIHAN MANAGEMEN MASJID

dai
Program Pelatihan manajemen masjid telah dilakukan PKPU sejak tahun 2014 melalui dana Infak Shodaqah. Sejauh ini PKPU telah melakukan sebanyak dua kali pelatihan. Angkatan pertama laksanakan di daerah Bogor dengan sebaran peserta : Bogor dan Depok pada bulan Maret 2014, dan angkatan kedua dilaksanakan didaerah Tanah Abang pada bulan Mei 2014. Total peserta berjumlah 70 orang. Dimana pematerinya adalah Ustadz-ustadz yang tergabung dalam KORPS da’i PKPU. Dengan kafa’ah yang berbeda-beda. Adapun materi-materi yang diajarkan adalah : urgensi & fungsi masjid, Program masjid, urgensi & fungsi managemen masjid, pengurus masjid, adab terhadap masjid, remaja masjid, memakmurkan masjid, Aplikasi dimakmurkan, dan managemen administrasi & kesekretariatan masjid.

dai2

DAI (Dakwah Alam Indonesia) adalah program pengiriman dai di ke suatu wilayah dalam rangka melaksanakan dakwah Islam di wilayah-wilayah rawan upaya pemurtadan. Program ini berisi kegiatan dakwah bagi masyarakat umum, pelatihan bagi calon pengurus DKM setempat dan pemberdayaan masyarakat dalam memakmurkan masjid.

san

SAN (Sebar Alquran Nusantara) adalah program pemberian serta pembinaan baca dan hafal Alquran. Program ini bukan sekedar kegiatan pembagian Alquran, melainkan juga kegiatan belajar baca Alquran, kursus tahsin, dan hafalan Alquran.