PKPU

Berita Korporasi

Tim PKPU Bantu Evakuasi Longsor Ponorogo

Monday, April 3rd, 2017

HINGGA hari ketiga Senin (3/4), upaya pencarian korban longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terus dilakukan. Sementara korban yang selamat tetapi rumahnya hancur masih mengungsi. Data yang dikeluarkan Kepala Desa Banaran, Sarnu, sebanyak 200 warganya menjadi pengungsi tersebar di beberapa lokasi, seperti di rumah kepala desa sebanyak 36 orang, rumah seorang warga Sipur 30 orang termasuk balita dan lansia, serta beberapa rumah warga lainnya yang tidak terdampak bencana.

Terkait musibah tersebut, lembaga kemanusiaan PKPU, selain melakukan koordinasi internal juga berkoordinasi dan komunikasi dengan Posko Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, pemerintah desa setempat, serta komunitas relawan. PKPU juga melakukan assessment data dan kebutuhan pengungsi dan warga yang terdampak dan di bawah kendali operasi BPBD bersama komunitas relawan lainnya melakukan proses pencarian korban bencana.

“PKPU juga mendirikan Pos PKPU di ring 1 lokasi bencana, yang cukup dekat dengan Posko serta menyiapkan ambulans 1 unit dan tim evakuasi sebanyak 7 personel,” kata Indra Budi, DRM PKPU Yogyakarta, kepada wartawan, Senin. Saat ini, korban selamat membutuhkan sejumlah kebutuhan pangan mulai dari dapur hingga sembako, serta nonpangan seperti pakaian, selimut, sarung, perlengkapan higienis.

PKPU juga membuka rekening donasi kemanusiaan PKPU Pusat yakni rekening Bank BNI dengan nomor 117.85.940 dan 117.85.917 atas nama PKPU dan Bank Mandiri 122.002.8000.027 an PKPU, serta di bank-bank lainnya. Perjalanan menuju lokasi bencana tanah longsor di Dukuh Tangkil, Desa Banaran, memang cukup terjal dan memiliki kemiringan lereng yang cukup curam. Lokasi bencana dibagi menjadi 3 area untuk menjaga keamanan dan keselamatan baik warga, petugas, dan relawan.

Sebanyak 1.090 personel yang terdiri atas TNI/Polri, dinas setempat, dan relawan, termasuk Tim Rescue PKPU Human Initiative yang terlibat aktif dalam proses pencarian dan evakuasi sejak hari ketiga ini. (RO/OL-7)

pkpu

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather