PKPU

Berita Korporasi

PKPU Lampung Fasilitasi Pembahasan Rencana Tindak Lanjut (RTL) Kader Berdaya Kelompok Usaha Emping Melinjo Lampung

Friday, April 7th, 2017

LAMPUNG – PKPU Human Initiative kembali mengadakan pembahasan Rencana Tindak Lanjut untuk menstimulan asosiasi industri kecil dan kelompok usaha emping melinjo kelurahan Keteguhan (5/4). Perencaan RTL (Rencana Tindak Lanjut) ini  bertempat di kediaman ketua asosiasi industri kecil Keteguhan.

Acara pembahasan RTL ini berjalan lancar. Semua peserta berperan aktif dalam diskusi ini. Peserta yang hadir dalam pembahasan dan diskusi RTL ini sebanyak 19 orang yang terdiri dari asosiasi industri kecil, kelompok pengolah mentah, kelompok pengolah matang, dan pemasaran.

Pembahasan RTL dimulai dari asosiasi industri kecil keteguhan. Pada kesempatan ini bapak Abdurahman selaku ketua asosiasi yang didampingi fasilitator memimpin pembahasan Rencana tindak lanjut asosiasi industri kecil keteguhan.
“Asosiasi industri kecil keteguhan ini nantinya akan lebih fokus berperan sebagai pengawas atau memantau perkembangan kelompok usaha emping melinjo baik pengolah mentah ataupun matang sehingga modal awal dapat berputar dan keuntungan yang didapatkan dapat meningkat,” ujarnya.

Selanjutnya yaitu pembahasan RTL kelompok pengolah mentah dimulai dari tahapan penerimaan biji melinjo sampai penimbangan emping melinjo siap kirim ke asosiasi industri kecil kembali. Begitupun dengan kelompok pengolah matang, pembahasan RTL diawali dari penerimaan emping melinjo dari asosiasi industri kecil sampai denggan penyerahan ke kelompok pemasaran.

“Penyerahan emping melinjo aneka rasa nantinya akan dilakukan dengan bertahap mba sehingga penjualan juga dapat segera di lakukan. Kami juga sangat berterimakasih kepada PKPU yang selalu melakukan pendamping kepada kami dengan membantu kami membuat perencanaan RTL ini sehingga kami jadi faham tahapan-tahapan yang dapat kami lakukan untuk mengembangkan usaha emping melinjo ini,” tutur Maimunah selaku kordinator pengolah matang.

Kelompok yang terakhir melakukan pembahasan RTL yaitu kelompok pemasaran. Untuk awal ini, gambaran RTL kelompok pemasaran masinh mencangkup penjualan dengan cara sales dan nitip ke warung yang akan dikembangkan sedikit demi sedikit untuk dapat berjualan di outlet.(Sari/Gie/PKPU_HI)

pembahasan RTL  1 pembahasan RTL  5 pembahasan RTL  6

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather