PKPU

Berita Korporasi

Motivation Training: Membangun Akhlak Siswa Yatim

Monday, March 27th, 2017

Banda Aceh – Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Human Initiative bekerjasama dengan OKI IDB mengadakan Training Motivasi untuk anak-anak yatim kelas III SMA/sederajat (26/3). Kegiatan yang dihadiri oleh 150 yatim ini dilaksanakan dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN). Peserta training merupakan anak-anak yatim binaan PKPU-HI yang tergabung dalam Orphan Kafala Program di wilayah  Aceh Besar, Banda Aceh, dan Kota Sabang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Permata Hati ini dimulai dengan Pembukaan Oleh Kepala Cabang PKPU Aceh yang diwakili Oleh Hafiz Umamah, serta sambutan dari Direktur Alliansi OKI Banda Aceh yang diwakili oleh Ahmad Fadhil. Training ini bertujuan untuk membentuk character generasi muda yang islami, shaleh, sukses, dan mulia yang didesain dalam rancangan proposal kehidupan, sehingga mereka para pelajar paham tentang arti kehidupan dan mempersiapkan amal special dalam kehidupannya (passive pahala),

Koordinator Orphans Kafalah Program Malikul Saleh mengatakan bahwa harapannya dengan dilaksanakannya program ini anak-anak benar-benar termotivasi dan mampu menghadapi UAN dengan baik dan tenang, memperoleh nilai yang memuaskan serta dapat menentukan pilihan kedepan dalam melanjutkan pendidikan di universitas nantinya.

Pria yang akrab disapa Malik ini juga menyampaikan bahwa Program Training Motivasi ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang di khususkan untuk anak yatim kelas III SMA/sederajat binaan PKPU-HI.
“Selain mereka menerima beasiswa setiap bulan hingga Lulus SMA, mereka juga dibekali dengan pembinaan dan motivasi agar mereka juga mampu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sebagaimana lanyaknya seperti anak-anak lain yang masih memiliki Orang Tuanya,” tuturnya.

PKPU-HI Aceh menghadirkan trainer Inspirator Public Speaking Character Muhammad Maryudi untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada Orphans Kafalah Program binaan PKPU-HI. Melihat pentingnya pembangunan akhlak bagi generasi muda, maka event Training Motivasi ini mengangkat tema “Visionary and Fabulous Speaker”.

Poin terpenting yang disampaikan dalam training motivasi ini adalah bahwa kemajuan suatu kaum, bangsa dan negara tidak dapat hanya di ukur dari pembangunan infrastruktur, kehidupan mewah, serta aset-aset yang berkembang saja (terlihat, red).

Namun terdapat aset yang jauh lebih untuk kita kelola sebagai pondasi pembangunan saat ini dan yang akan datang. Inilah yang disebut dengan istilah Intangible asset. Intangible asset sesuatu yang tidak terlihat, tetapi lebih mahal dari pada aset yang terlihat. Sesuatu yang tidak terlihat tetapi berharga mahal (akhlak; kejujuran, amanah, care, integritas, leadership dan sebagainya) selalu melakukan yang terbaik dalam kehidupan, pemimpin dan semua kita harus mampu menanamkan nilai-nilai tersebut dalam setiap dimensi kehidupan kita, baik di internal keluarga, maupun dalam kehidupan bersosial dan profesi lingkungan kerja.

Akhlak merupakan factor mutlak dalam “nation and character building”. Bangsa atau Negara akan jaya, jika masyarakat nya memiliki nilai – nilai kepribadiaan yang baik, begitu juga sebaliknya jika masyarakat tidak memilik inilai tatanan kehidupan yang baik maka hancurlah sebuah peradaban yang telah dibangun pada masa lalu. (Umas Ibnu Azzaimah/Gie/PKPU-HI)

WhatsApp Image 2017-03-26 at 09.49.40 WhatsApp Image 2017-03-26 at 09.49.41 WhatsApp Image 2017-03-26 at 09.49.47 WhatsApp Image 2017-03-26 at 12.02.09

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather