PKPU

Berita Korporasi

Coaching Business: Pengelolaan Ternak Kambing

Thursday, April 20th, 2017

Pekanbaru – Pasca melakukan Coaching Business, PKPU Human Initiative melakukan follow up  sebagai wujud memaksimalkan upaya program. Follow updilakukan dengan mengunjungi beberapa Penerima Manfaat (PM), salah satunya ke kediaman Mardani Toni sebagai peserta Coaching Business (19/4). Mardani Toni merupakan salah satu warga binaan PKPU HI dalam program Keluarga Multi Penghasilan (KMP) yang mengambil usaha ternak kambing.
Sebelumnya, telah ditetapkan bahwa fokus Coaching Business pada tahap pertama adalah pengelompokan PM yang memiliki keahlian dan usaha perternakan dan perikanan yang kemudian bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Perternakan Provinsi Riau.
Pasca Coaching Bussines dilakukan, warga mulai aktif melakukan praktek dalam menangani beberapa kasus peternakan, seperti bagaimana menangani kambing yang mengidap kebotakan rambut pada kepala milik pak Mardani Toni, bagaimana mengawin-silangkan kambing usia 8 bulan, bagaimana penggemukan kambing usai melahirkan, serta bagaimana penanganan penyakit kudis pada kambing dan beberapa penyakit kecil lainnya.
Fasilitator PKPU Human Initiative dan Dinas Prov. Riau siap sedia mendampingi mereka dalam menjawab persoalan tersebut. Mereka pun dibekali beberapa buku panduan, diantaranya mengenai pembuatan jamu untuk kambing, panduan ternak kambing dan rahasia sukses ternak kambing. Buku tersebut berguna sebagai acuan dan arahan ketika mereka tidak bisa bertanya langsung kepada fasilitator.
Aditiya, selaku Fasilitator KMP menilai banyak pihak yang dapat dimaksimalkan untuk membantu proses pendampingan program tersebut.
“Saya menilai pendampingan terhadap mereka (read: warga penerima manfaat) tidak cukup hanya pemberian modal kemudian pendampingan perjangka waktu, lain dari pada itu warga juga perlu support dari pemerintah setempat, keilmuan yang mumpuni, pendampingan keorganisasian, jejaring kepemodal yang lebih besar tentunya,” sarannya.
Program Keluarga Multi Penghasilan (KMP) PKPU Human Initiative terus berupaya menciptakan masyarakat yang mandiri dan berdaya. Program ini mampu menambah pendapatan masyarakat sehingga mereka dapat terbebas dari masalah lilitan ekonomi.
Sebagai penutup, Aditya menginformasikan, pasca tahap pertama ini, Penerima Manfaat diharapkan mampu membaca peluang lebih besar lagi melalui ABL yang akan segera dibentuk dalam dua pekan kedepan. (Adt/Gie/PKPU_HI)
IMG-20170419-WA0014 IMG-20170419-WA0015

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather