PKPU

Berita

Indosat Ooredoo dan PKPU Bersinergi Salurkan Donasi untuk Garut

Saturday, October 22nd, 2016

RMOL. Lembaga Kemanusian Nasional PKPU kembali mendapat kepercayaan dari Karyawan Indosat Ooredoo. Kali ini, para karyawan perusahaan telekomunikasi tersebut mempercayakan penyerahan bantuan kemanusian untuk korban bencana banjir bandang Garut, Jawa Barat, ke PKPU.

“Kamis,(20/10) lalu telah dilaksanakan seromoni dan penyaluran donasi  dari Karyawan Indosat Ooredoo untuk Garut melalui PKP tersebut di Aula Gedung Local Education Center, Jalan Guntur Garut. Program ini diharapkan dapat turut meringankan derita masyarakat yang terkena dampak banjir bandang,” kata Kepala Cabang PKPU Bandung, Kiki Rejeki, dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi RMOL, Jumat (21/10).

Lebih lanjut Kiki megungkapkan, diamengucapkan terima kasih kepada Indosat Ooredoo yang telah menjadikan PKPU sebagai mitra untuk melaksanakan program tersebut. Memang, terang dia, sejak hari H sampai saat ini, PKPU masih menerjunkan TIM RESCUE khusus dan mendirikan posko untuk melakukan berbagai program kebencanaan komprehensif di Garut.

“Sesuai dengan misinya, PKPU berusaha untuk konsisten dalam aksi penanganan bencana mulai dari emergency response hingga pengurangan risiko bencana berbasis komunitas atau CBDRM (Community Based Disaster Risk Management,” jelasnya.

Sementara itu, Head of Region West Java & Cental Java Indosat Ooredoo, Hari Sukmono mengatakan, sejak peristiwa banjir bandang Garut terjadi, Indosat Ooredoo langsung melakukan penggalangan dana dari karyawan untuk meringankan derita yang dirasakan masyarakat Garut yang terkena bencana banjir bandang dan tanah longsor tersebut.

“Total dana yang terkumpul hasil dari partisipasi karyawan Indosat Ooredoo, dikalikan dua atas arahan manajemen, menjadi sebesar Rp 140 juta,” terangnya.

Di samping itu, juga telah dikumpulkan pakaian layak pakai untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.  ZIS Indosat Ooredoo juga mendirikan dapur umum dan mendistribusikan bantuan secara door to door dengan menyisir rumah-rumah warga terdampak bencana yang sebagian besar masih terendam lumpur.

Perusahaan peraih penghargaan Most Innovative Company of the Year 2015 dari Asia Pacific Stevie Awards ini  sebelumnya juga telah mengerahkan mobil klinik dan membangun posko telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat korban banjir di Kabupaten Garut.

“Indosat Ooredo berharap bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat dan masyarakat dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan antar Indosat Ooredoo dan PKPU diantaranya  meliputi penyaluran donasi bantuan berupa  school kit, kitchen set serta kegiatan trauma healing berupa aktifitas demo masak dan makan bersama yang melibatkan ibu-ibu korban bencana,” terang Hari.

Sedangkan Wakil Bupati Garut, Hilmi Budiman yang juga turut hadir dalam seremoni penyerahan bantuan menghaturkan terima kasih dan turut mendoakan semoga  Indosat dan karyawan yang telah membantu korban banjir Bandang dicatat sebagai amal kebaikan dan diganti oleh Allah SWT dengan yang lebih berlipat.

“Mewakilkan warga Garut anu katumibaan musibah, ngahaturkeun nuhun ka Indosat sareng rengrengan karyawana, anu parantos masihan bantosan,” kata dia dalam sambutannya.

sementara itu, Praktisi Pemberdayaan Masyarakat, Fadly Halim Hutasuhut, menerangkan bahwa  kegiatan penggalangan dana dan pelaksanaan berbagai program sosial kemasyarakatan yang diinisasi oleh korporat menandakan bahwa semakin  baiknya kesadaran korporat dengan tanggung jawabnya untuk turut memperhatikan masyarakat.

“Pemangku kepentingan itu, tidak hanya masyarakat terdampak saja. Dunia usaha/Korporat, pemerintah, akademisi, NGO dan Media juga bagian dari masyarakat,” jelasnya.

“Sekarang bagaimana kita mendorong agar semua bersinergi sehingga wujud kepedulian dan potensi masing-masing bisa menghasilkan solusi berupa program-program unggulan yang  baik dan tepat serta akuntabel. Program yang  dapat menjawab permasalahan-permasalahan masyarakat. Mewujudkan masyarakat mandiri dan berdaya itu memerlukan strategi dan kesiapan yang baik,” pungkas alumnus sekolah pascasarjana Pekerjaan Sosial STKS Kemensos RI tersebut. [zul]  

IMG_2760a

Sumber: rmoljakarta.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather