PKPU

Berita

Home Visit dalam rangka Upaya Monitoring Pola Asuh Orang Tua Balita Sekolah Gizi

Thursday, May 11th, 2017

Tenjo – Fasilitator PKPU Human Initiative didampingi salah satu kader posyandu berkunjung ke setiap rumah balita Sekolah Gizi (10/5). Kegiatan ini merupakan salah satu agenda Sekolah Gizi yang disebut dengan “Home Visit”.

Home Visit bertujuan untuk memantau beberapa aspek terkait kesehatan baik pada balita maupun keluarga balita dalam bentuk kuesioner. Sehingga dapat diketahui distribusi beberapa aspek yang terkait dengan kesehatan balita dan keluarga, diantaranya adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Pelayanan Kesehatan, Aktivitas fisik balita dan Food Recall.

Di samping tujuan tersebut, kegiatan home visit dapat mendekatkan hubungan personalia antar fasilitator, kader dan ibu balita. Selain panduan kuesioner yang menjadi acuan dalam home visit, terdapat temuan – temuan baik secara budaya setempat maupun aspek sosial ekonomi lainnya sehingga Fasilitator dan Kader lebih mengetahui permasalahannya secara mendalam.

Home visit kali ini berkunjung ke 11 rumah balita dari dua titik Sekolah Gizi yang terbagi menjadi 4 wilayah yang ada di Desa Tenjo diantaranya kampung Lw.Gede, kampung Blok Empang, kampung Blok Masjid dan kampung Ciwaru.

Home visit menekankan pada observasi dan wawancara sesuai dengan panduan kuesioner sehingga hasil akhir dapat diketahui distribusi disetiap aspeknya dan mengetahui titik masalah kesehatan yang dihadapi secara keseluruhan oleh balita Sekolah Gizi.

“Semenjak mengikuti Sekolah Gizi, dengan dibina mengenai 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Saya meminta suami untuk tidak merokok didalam rumah agar terjaga kesehatan anak saya” tutur Ibu Eroh selaku Ibu balita dari Kayla.

PKPU Human Initiative berharap dengan adanya Sekolah Gizi perlahan – lahan terdapat perubahan perilaku kesehatan keluarga dan tercapainya target dari indikator yang telah dicanangkan. (Nayla/Gie/PKPU_HI)

WhatsApp Image 2017-05-10 at 21.06.29 WhatsApp Image 2017-05-10 at 21.06.31

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather